Kembangkan Bisnis! Strategi Mengatur Cashflow Sangat Diperlukan

tips cashflow

Kembangkan Bisnis! Strategi Mengatur Cashflow Sangat Diperlukan. Cash Flow ataupun sering dikenal juga dengan Arus kas merupakan salah satu poin penting yang sangat krusial buat bisnis kecil ataupun menengah. Tanpa ada sebuah uang kas, maka Anda pasti tidak akan pernah bisa meraih keuntungan ataupun profit.

Sebuah perusahaan yang tidak bisa menjalankan sebuah manajemen kas yang cukup baik maka tidak akan bisa melakukan suatu investasi yang sangat menguntungkan. Bisa saja akan mencari sebuah pinjaman uang lebih supaya suatu bisnis tetap berjalan.

Pada dasarnya, untuk Arus Kas merupakan sebuah pergerakan dana masuk serta dana keluar dari sebuah kegiatan operasioanal dari bisnis Anda. Anda harus bisa melacak sebuah pergerakan Arus Kas tersebut dalam aliran kurun waktu tertentu.

Berikut ini ada beberapa langkah praktis yang bisa dilakukan untuk bisa mengelola suatu Arus Kas supaya lebih baik. Hal ini sangat tepat dilakukan terutama untuk sebuah bisnis yang memang sedang tumbuh:

·         Mengumpulkan Piutang

Strategi mengatur cashflow yang bisa Anda lakukan yaitu mengumpulkan piutang. Terkadang, sebuah akun piutang yang tidak tertagih dalam bisnis itu bisa saja akan membengkak. Dan tersebut bisa menjadi sangat tidak efektif buat sebuah pemasukan kas dari bisnis Anda. Minta pada para pelanggan untuk bisa melakukan sebuah preotorisasi cek supaya bank bisa menarik kas tersebut dari rekening mereka untuk interval waktu yang memang telah ditentukan.

Anda juga bisa dengan menggunakan sebuah fitur Invoice Reminder yang bisa berasal dari beberapa buah Software Akuntansi. Hal ini untuk bisa mengingatkan para pelanggan yang terkait dengan pelunasan piutang yang dilakukan secara otomatis.

  • Mengatur Sebuah Persyaratan Kredit Dengan Lebih Ketat

Sebuah bisnis itu akan sering kali memang harus bisa untuk memberikan sebuah fasilitas  salah satunya penjualan kredit yang diberikan untuk para pelanggan. Dalam hal tersebut Anda memang harus bisa untuk melakukan suatu riset terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan supaya Anda bisa menentukan suatu risiko akan pemberian kredit untuk setiap para pelanggan. Sortir berbagai pelanggan yang memang sekiranya sering cukup telat dalam hal melunasi utang. Serta juga beri sebuah aturan kredit yang dianggap lebih ketat supaya pelanggan bisa segera melunasi utang tersebut.

·         Meningkatkan Penjualan

Strategi mengatur cashflow yang bisa Anda lakukan yaitu meningkatkan penjualan. Jika Anda memang sangat membutuhkan lebih banyak sebuah pemasukan, maka tidak ada untuk alasan lainnya supaya mencoba menarik para pelanggan baru. Ataupun menjual sebuah produk baru serta juga meningkatkan akan kuantitas penjualan untuk para pelanggan tetap Anda. Kalau dilihat hal tersebut memang cukup sulit untuk direalisasikan. Memperoleh sebuah pelanggan baru itu sangatlah penting untuk sebuah bisnis yang dianggap sedang berkembang. Akan tetapi hal tersebut memang sangat membutuhkan akan waktu serta tenaga yang dianggap tidaklah sedikit.

·         Diskon Harga

Dalam hal tersebut supaya Anda bisa untuk meningkatkan sebuah Arus Kas maka bisa  dengan cara menawarkan sebuah diskon untuk para pelanggan Anda. Hal ini dilakukan jika para pelanggan tersebut bisa untuk melunasi pembelian mereka lebih awal. Meskipun untuk praktik tersebut bisa sangat mempengaruhi akan profit margin Anda. Hal ini bisa membantu sebuah manajemen Arus Kas yang Anda miliki. Hal tersebut juga bisa untuk mempersingkat akan siklus sebuah penagihan piutang.

Sangat penting untuk bisa memahami strategi mengatur cashflow ataupun Arus Kas suatu bisnis supaya tetap terkendali. Lakukan berbagai analisa serta evaluasi terhadap sebuah pergerakan akan Arus Kas untuk setiap bulannya.

Baca Juga: Inilah Penyebab Masalah Keuangan yang Sering Terjadi Di Masyarakat

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer