Begini Caranya Mengelola Keuangan agar Milenial Tidak Mengalami Kebangkrutan

mengelola keuangan

Begini Caranya Mengelola Keuangan agar Milenial Tidak Mengalami Kebangkrutan – Memiliki manajemen keuangan yang kurang baik, merupakan salah satu sifat yang dimiliki oleh para milenial. Kebiasaan buruk mereka menghabiskan uang dengan berbelanja adalah salah satu penyebabnya. Sehingga kemungkinan untuk menyimpan uang dalam bentuk tabunganpun persentasenya sangatlah rendah.

Kondisi diperburuk dengan kebiasaan milenial yang mudah mengajukan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidupnya. Padahal, jika ingin memiliki keuangan yang sehat maka banyak yang harus dipertimbangkan terkait pinjaman tersebut. Karena bisa jadi, penghasilan yang didapat tidak mampu menutupi beban yang harus ditanggung.

Mengelola keuangan memang gampang-gampang susah, bahkan sekadar menabung saja tidaklah cukup. Ada beberapa cara yang harus dilakukan agar kondisi keuangan menjadi lebih baik dan bisa digunakan untuk masa depan. Dan berikut ini adalah beberapa tipsnya;

Buat Perencanaan

Membuat perencanaan keuangan secara tertulis. Tanyakan pada diri sendiri, apa tujuan keuangan yang akan Anda lakukan dalam jangka waktu pendek dan panjang, kemudian agar tujuan-tujuan tersebut bisa tercapai, berapa banyak biaya harus dikeluarkan. Lalu buat batas waktu atau deadline agar Anda bisa melihat perkembangan perencanaannya.

Catatan perencanaan ini bisa Anda kaji setiap bulannya. Sehingga Anda bisa mengetahui apakah rencana tersebut sudah tepat atau belum. Ubah rencana bila tidak sesuai dengan pendapatan dan bandingkan dengan catatan pengeluaran juga.

Catatan Pengeluaran

Meskipun terkesan merepotkan, namun membuat catatan pengeluaran akan membuat Anda menjadi lebih disiplin dalam mengelola keuangan. Dari catatan pengeluaran, Anda bisa melihat data pengeluaran rutin yang harus dikeluarkan setiap bulannya atau pengeluaran harian yang juga biasa dilakukan. Saat ini, ada banyak aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk mengelola keuangan dan Anda bisa memanfaatkannya.

Dua Rekening

Anda bisa membuat dua rekening bank yang berbeda. Satu rekening bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, sementara satu rekening lagi bisa digunakan untuk menabung. Anda bisa membuat perhitungan, berapa dana yang akan disisihkan setiap bulannya untuk menabung. Jadikan kebiasaan ini layaknya hal wajib dan tidak akan Anda lewatkan setiap kali Anda mendapatkan gaji bulanan.

Hutang

Hindari hal-hal yang bisa memancing Anda untuk bertindak konsumtif. Hindari membeli barang-barang yang tidak terlalu Anda butuhkan dan sebisa mungkin hindari untuk berhutang. Namun bila Anda terlanjur memiliki hutang, maka segera lakukan identifikasi tagihan, buat rinciannya secara detail.

Mulai dari jumlah yang harus dibayar, cicilannya juga tanggal jatuh temponya. Kemudian pikirkan strategi untuk melunasi hutang tersebut. Jika Anda terpaksa berhutang, maka sebaiknya gunakan uang yang telah dipinjam sebijak mungkin.

Dana Pensiun

Mempersiapkan masa pensiun adalah tips berikutnya, dalamĀ  mengelola keuangan agar bisa lebih baik di masa depan. Sisihkan uang gaji Anda setiap bulannya, jika memungkinkan simpan dalam bentuk investasi dan jangan dalam bentuk tabungan biasa. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih, mulai dari bermain saham, emas, asuransi atau yang lainnya.

Dana Darurat

Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan menimpa Anda atau keluarga Anda dikemudian hari. Dengan menyiapkan dana darurat, akan membuat Anda lebih tenang menjalani kehidupan. Di mana dana darurat yang sudah tersedia tidak akan membuat Anda menggunakan rencana keuangan yang telah Anda susun.

Demikianlah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para milenial dalam mengelola keuangan. Sebaiknya tips ini segera dicoba untuk menyelamatkan kondisi keuangan Anda. Dan jika pendapatan Anda masih dirasa kurang, Anda bisa berpikir untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca Juga: 5 Rahasia Mengelola Keuangan ala Orang Kaya

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer